Panduan Memilih Cooker Hood Yang Tepat Untuk Dapur Anda

  

PANDUAN MEMILIH COOKER HOOD YANG TEPAT UNTUK DAPUR ANDA

 

Anda mungkin tidak terpikir bahwa dapur Anda membutuhkan cooker hood, tetapi jika dapur tidak dilengkapi dengan cooker hood, maka Anda harus membersihkan langit-langit dapur secara teratur karena akan ternodai oleh minyak dan kotoran dari proses pemasakan.Jadi jika Anda memiliki rencana untuk mendesain ulang dapur Anda, berikan ruang untuk penempatan coocker hood di atas kompor. Pilih cooker hood yang tepat sesuai dengan kebutuhan dapur Anda.

 

Cooker Hood

 

 

Cooker hood fully integrated

Cooker hood jenis ini tepat berada di atas kompor dan terdapat penutup atau panel, cooker hood ini biasanya hanya dapat difungsikan saat Anda membuka penutup panel pada cooker hood tersebut. Sirkulasi pada cooker hood ini sangat baik dan umumnya panel memiliki lebar sekitar 60 cm.

 

Cooker hood canopy

Jenis ini biasanya dipasang pada bagian bawah kabinet atau lemari dapur, tapi tidak seperti cooker hood fully integrated karena jenis cooker hood kanopi dapat berfungsi setiap saat. Jenis ini juga memiliki sirkulasi yang sangat baik.

 

Cooker hood chimney

Cooker hood jenis ini harus dipasang pada dinding dan memiliki pipa elastis yang diarahkan ke luar ruangan sebagai saluran pembuangan. Cooker hoodjenis ini merupakan yang paling sering digunakan dan tersedia dengan berbagai bentuk, diantaranya :

  • Curved glass – Selembar kurva kaca yang ditempatkan di area filter, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan daripada permukaan logam.
  • Flat glass – bentuknya seperti curved glass, tetapi tanpa dilengkapi kurva.
  • Designer box – karena bahannya terbuat dari logam jadi terlihat lebih berkualitas sehingga bentuknya lebih menarik daripada cooker hood standar.
  • Designer – bisa terbuat dari bahan logam maupun kaca agar lebih berwarna.

 

Cooker hood island

Bentuknya mirip cooker hood chimney tetapi dipasang menggantung di tengah ruangan. Model ini perlu langit-langit yang cukup tinggi dan kuat untuk menahan beban.

 

Ventilasi

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dalam hal pemilihan cooker hood dan penanganan terhadap minyak serta uap yang timbul saat proses pemasakan. Berikut adalah panduan untuk membedakan antara resirkulasi dan ekstraksi.

 

Resirkulasi

Sytem kerja resirkulasi yaitu air ditarik ke tabung melalui filter yang akan menetralisir bau dan menghilangkan partikel lemak. Setelah tabung dibersihkan oleh udara maka resirkulasi akan ke dapur. Anda juga harus memiliki pad filter karbon atau sirkulasi kit untuk jenis hood. Untuk membersihkan tabung Anda hanya perlu membersihkan perangkap greasenya, mencuci filter logam dan mengganti karbon pad yang diperlukan.

            Mengapa memilih ini?

Resirkulasi dapat digunakan disemua jenis dapur dam sangat berguna jika tidak ada akses ke dinding luar untuk ekstraksi. Sementara biaya instalasi rendah dan Anda hanya harus mengganti bantalan filter karbon. Anda juga tidak perlu mengelap air yang berlebih  di dapur Anda.

 

Ekstraksi

Penutup ekstraksi berfungsi untuk menyaring minyak ke dalam perangkap dan membuang udara saat disaring melalui ventilasi di luar. Yang Anda harus lakukan adalah membersihkan perangkap logam lemak dari waktu ke waktu.

            Mengapa memilih ini?

Ekstraksi sangat efektif, tidak hanya untuk menghilangkan minyak tetapi juga bau serta kelembaban berlebih dari dapur Anda.